-->
  • Pengertian Pengembangan Kurikulum



    Pengembangan kurikulum selalu dilakukan oleh dunia pendidikan sesuai dengan tuntutan dariperkembangan teknologi dan dinamika penduduk yang dilaksanakan oleh suatu lembaga pendidikan.Pengembangan kurikulum biasa dilakukan oleh Pemerintah secara umum,dan oleh suatu sekolah yang ingin untuk meningkatkan mutu pada lembaga pendidikan itu sendiri.

    Dalam pengembangan kurikulum yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah terminologi dalam kurikulum itu sendiri. Menurut Dakir dalam bukunya Perencanaan dan Pengembangan kurikulum menyebutkan: “ terminologi kurikulum diantaranya:
    (1) Core Curriculum, core artinya inti, dalam kurikulum berarti pengalaman belajar yang harus diberikan baik yang berupa kebutuhan individual maupun kebutuhan umum.
    (2) Hidden Curriculum berarti bahwa kurikulum yang tersembunyi. Apa artinya tersembunyi? Tersembunyi berarti tak dapat dilihat tetapi tidak hilang. Jadi kurikulum tersembunyi ini tidak direncanakan, tidak diprogram dan tidak dirancang tetapi mempunyai pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap out put dari proses belajar mengajar.[1]
    Adapun pengembangan kurikulum itu sendiri mempunyai bermacam-macam defenisi. Sesuai dengan pendapat para ahli seperti: “Pengembangan kurikulum menurut Suparlan adalah proses perencanaan dan penyusunan kurikulum oleh pengembang kurikulum (curriculum developer) dan kegiatan yang dilakukan agar kurikulum yang dihasilkan dapat menjadi bahan ajar dan acuan yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.[2]
    Adapun menurut Nana Syaodih Sukmadinata menyebutkan  “Pengembangan kurikulum merupakan perencana, pelaksana, penilai dan pengembang kurikulum sebenarnya. Suatu kurikulum diharapkan memberikan landasan, isi, dan menjadi pedoman bagi pengembang kemampuan siswa secara optimal sesuai dengan tuntutan dan tantangan perkembangan masyarakat”[3].


    [1] H. Dakir, Perencanaan dan Pengembangan kurikulum. (Jakarta: Renika Cipta, 2010), hlm. 7
    [2] Suparlan, Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. ( Jakarta: PT
    Bumi Aksara,  2011),  hlm. 79
    [3] Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek ( Jakarta: . PT Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 150
  • You might also like

    1 comment:

    1. The Dog House | Mapyro
      The Dog House, The Dog House, Dog House, Gold Coast. 1 서귀포 출장샵 traveller rating. 3.4/5. 순천 출장마사지 1,888 reviews. 안양 출장샵 4 min 서울특별 출장안마 read. Open 상주 출장안마 now. 3 reviews. 5 min read. Rating: 4.4 · ‎3,888 reviews

      ReplyDelete

Flag Counter

Statistik